LAUNCHING E-KIR / UJI BERKALA ONLINE

Dinas Perhubungan, Perumahan dan Kawasan Pemukiman menggandeng Bank Jateng  Karanganyar untuk bekerja sama mensukseskan program e-KIR yang akan menerapkan sistem pembayaran melalui e-money (Non Tunai). Pembayaran yang di maksud adalah pembayaran retribusi uji kendaran bermontor atau lebih dikenal dengan KIR. E-money atau non tunai akan diterapkan guna mengurangi antrean dalam pembayaran uji KIR.

Kepala Dishub PKP Sundoro menyampaikan jika uji coba pembayaran e-money akan diterapkan dalam pembayaran uji KIR yang akan dilaksanakan mulai 17 September 2019 mendatang.

“Nanti semua transaksi akan di gantikan dengan e-money dengan kartu debit Bank Jateng,” kata Sundoro (Kepala DISHUBPKP) kepada para wartawan, Rabu (21/8/2019).

Selain menghadirkan pembayaran uji KIR secara e-money, Dishub PKP Karanganyar juga menghadirkan penggunaan aplikasi secara mobile guna mempermudah pemilik kendaraan wajib KIR.

Pasalnya dalam trobosan aplikasi ini pemilik kendaraan wajib KIR dapat mendaftar secara online.

“Tinggal daftar online, lalu akan terlihat jam berapa dilayaninya dan bisa datang sesuai jam tersebut,” imbuhnya.

Buku uji KIR juga di upgrade menjadi informasi lunak pada aplikasi tersebut, sehingga catatan penting dapat tersimpan secara praktis.

“Penerapan e-money dan penggunaan aplikasi akan terus diterapkan secara bertahap,” tutupnya.

“Program e-KIR pengujian kendaraan bermotor ini dilakukan untuk memenuhi regulasi dari Pemerintah Pusat dalam rangka implementasi transaksi non tunai, disamping juga untuk menghindari adanya pungli,” ujar Bupati Karanganyar, H Juliyatmono,

Dengan telah dimulainya program e-KIR yang di beri nama Si BANTER ( Sistem Bantuan Pembayaran non Tunai Kendaraan Bermotor) oleh Bupati Karanganyar, maka para wajib pajak yang akan melakukan uji Kendaraan Bermotor dapat membayar retribusi di Bank Jateng melalui semua Kantor Cabang Bank Jateng, Internet Banking Bank Jateng, ATM Bank Jateng, Mesin EDC Bank Jateng, ATM Bersama dan Agen DUTA Bank Jateng.

Si BANTER pun dapat diunduh dengan memindai barcode melalui smartphone berbasis Android. Kerjasama ini merupakan bentuk dari komitmen Bank Jateng KC Karanganyar kepada Pemkab Karanganyar untuk terus meningkatkan pelayanan.

Dalam kesempatan itu pula Bupati dan Wakil Bupati Karanganyar didampingi Pemimpin Cabang Bank Jateng Karanganyar Guirin Nugroho menyerahkan Hadiah ke 1 Undian Tabungan BIMA yaitu berupa 1 Unit Mobil Mitsubishi Xpander kepada pemenang atas nama Suripto. Pemenang merupakan pensiunan Kepala Sekolah Dasar yang payroll gajinya sudah melalui Bank Jateng KC Karanganyar.

Untuk diketahui, bertepatan dengan Hari Perhubungan Nasional pada tanggal 17 September, Dinas Perhubungan, Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Karanganyar telah dilaksanakan launching e-KIR Pengujian Kendaraan Bermotor.

Launching e-KIR yang dilakukan oleh Bupati Karanganyar, H.Juliyatmono. Hadir pada acara tersebut H.Robert Christanto selaku Wakil Bupati, Forkompinda, OPD yang terkait, pengurus Organda serta para pengusaha ekspedisi di Kabupaten Karanganyar.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *